Senin, 15 Januari 2018

Benci Tapi Rindu Negeri Sendiri di Negeri Orang :)

Tadi malam saya ikutan menyimak insta storynya @kartupos tentang bagaimana orang asing yang pernah tinggal di Indonesia jadi sedih banget kalo harus pindah atau balik ke negaranya. Yeah, as Indonesian, we might see our country as a never ending chaos and messy one. Butuh orang lain dulu yang melihat bagaimana "indahnya" negeri sendiri atau butuh "pergi jauh" dulu dari negara ini lalu tinggal di negara orang untuk tau apa yang dirindukan dari negara sendiri. Seperti yang saya alami. 6 Bulan di negeri yang amat maju dan terartur, saya jadi rindu ketidakteraturan negara sendiri, terutama untuk hal-hal dibawah ini :
  1. Harus saya akui bahwa kesemrawutan transporatsi publik di negara kita itu ngangeni. Setidaknya disetiap ketidakteraturan selalu ada jalan keluar yang menunggu. Plus, transportasi publik di Inodnesia umumnya tidak berjadwal dan penuh dengan takdir dan keberuntungan. Di ST Lucia, sub urb tempat saya tinggal, bis menuju pusat kota hanya ada 1 dan datang tiap 30 menit sekali di hari biasa dan 1 jam sekali di akhir pekan. Ketinggalan satu menit? ya selamat menunggu 30 menit or 1 jam berikutnya. Kalo di Indonesia, ketinggalan bis berarti bisa diselamatkan dengan ojek pangkalan, ojek online, taksi reguler, taksi online atau bahkan ojek sepeda atau becak. minimal minta tolong tetangga atau nebenglah. Plus, tidak ada angkutan umum yg bisa kita setop kapan aja dan dimana aja, semua ada tempat dan waktunya:)
  2. Ketidakteraturan penjual makanan kaki lima yang ngangenin. Ada banyak spot-spot menarik di kota Brisbane yang sebenarnya akan tambah menarik jika saja ada banyak penjual makanan bergerobak yang diperbolehkan nongkrong disana. Setiap kali melewati daerah riverside misalnya, saya selalu membayangkan bisa makan siomay, bakso, soto atau bubur ayam sambil memandangi Brisbane River . Belum lagi kalau harus menunggu bis datang dengan waktu yang lama, minimal saya ngarep ada tukang gorengan disebelah halte. Tapi sayang, semua hanya angan☺☺
  3. Kebayang kan kalo abis jogging trus makan bubur ayam dengan river view?

    atau duduk-duduk sore sambil bercengkrama dengan yang terkasih sambil minum kelapa muda?

    Atau duduk-duduk aja sambil makan gorengan?:)

  4. Di Indonesia, siapa aja boleh jualan makanan, asal enak dan bersih pasti laku. Kalo di Australia sini, penjual makanan harus pake ijin dan mengurus ijinnya sebenarnya tidak sulit kata teman saya yang sudah pernah bekerja di restoran dan buka katering. Yang sulit itu syarat2 utk mendapatkan izin, seperti jarak antara kompor dan tempat cuci piring minimal harus sekian meter. Belum lagi kalo harus berurusan dengan alergi, jadinya penjual harus mencantumkan semua bahan baku dan kemungkinan alergi sedetil mungkin. Disini jualan makanan beresiko besar, apalagi kalo yg makan punay alegri spesific seperti kacang, bisa2 fatal akibatnya kalo termakan dan penjual yang tidak memberitahu informasi tersebut bisa kena denda yang tidak sedikit. Di Indonesia, sepanjang ga ada yg keracunan mah aman. Lalu bagaimana dengan yang jualan makanan Indonesia yang sering saya beli? itu jualannya selundupan aka diam-diam. modalnya whatssap group aja denga resiko ditanggung masing-masing. Untungnya orang Indonesia perutnya kuat-kuat semua:)
  5. Hal terakhir yang saya rindukan adalah..WARUNG. Karena segalanya serba teratur dan serba ijin disini, maka tidak ada rumah-rumah yg buka warung kecil didepannya. jadi ga ada tuh ceritanya kalo telor abis trus lari ke warung buat beli sebiji. Beli telor disini minimal 6 butir dan di supermarket,  dan untuk bisa ke supermarket harus jalan kaki yang lumayan atau naik bis. Jadi sekali belanja ya untuk seminggu. Ga ada ceritanya kalo algi mandi ternyata shampo habis trus teriak minta tolong ama kakak/adik untuk belikan shampe satu sachet di warung:) btw juga, shampo sachetan juga kayanya ga ada:)
Semoga setelah beberapa tahun disinipun rasa cinta saya pada negeri saya sendiri tidak berkurang yaa.. Bagaimanapun, setelah terbiasa dengan keteraturan untuk sekian lama, pasti akan gamang jika membayangkan suasana yang benar-benar berbeda. Kalo demikian, saya bayangin makanan Indonesia yang enak-enak dan ojek aja ah:)
 

1 komentar:

Unknown mengatakan...

Klo joging lupa bawa minum ngga ada tukang jualan siap2 dehidrasi ya un?😂, photo dpn sungai brisbane smbil minum es kelapa kok saya jd terbayang kayak didanau sunter aja nih uni

Yang udah berkunjung ke sini ..