Rabu, 23 April 2014

A Sibling's Journey Wish

Dear Mbok Venus,

Jika ada pertanyaan kuis yang berhadiah jalan-jalan bersama satu orang sahabat ke suatu tempat saya pasti bingung memilihnya. Saya punya beberapa sahabat dekat yang semuanya memberikan kontribusi penting dalam kehidupan saya, mulai dari jaman putih abu-abu hingga sekarang mereka sudah punya anak dua atau satu. Dulu, saya dan sahabat-sahabat saya di Asrama putri 70 selalu berandai-andai bahwa suatu hari nanti kami akan melakukan perjalanan seperti yang dilakukan oleh Carrie, Samantha, Charlotte dan Miranda dalam Sex and The City. Memiliki banyak teman perempuan sebaya disekeliling untuk tetap tertawa dan bahagia ketika umur semakin menua merupakan berkah yang luar biasa. Namun ternyata tetap sulit untuk mewujudkan perjalanan bersama mengingat dua diantaranya sudah menikah dan punya anak dan yang lainnya meski masih lajang tapi jam terbang amat padat. Jadi yaa, boro-boro ke Dubai,  untuk napak tilas kembali ke Jogja bersama-sama saja terlihat amat mustahil. 

Tadinya saya berharap boleh memilih lebih dari satu orang untuk diajak ke Resort World Sentosa jika memenangkan kuis ini, karena jujur Mbok, saya punya tiga kandidat yang kesemuanya punya peranan sangat penting dalam hidup saya hari ini, melebihi sekedar teman baik. Mereka selalu ada setiap fase kehidupan yang saya alami, mulai dari yang paling manis hingga paling pahit sekalipun. Tidak terhitung banyaknya kebaikan yang pernah saya terima dari mereka sehingga saya pikir inilah kesempatan untuk membalasnya. 

Hidup benar-benar soal pilihan ya Mbok, dan memilih satu diantara mereka bukan hal yang mudah bagi saya. Saya semakin bingung mau menulis apa di blog ini agar bisa mendapatkan kesempatan ini hingga dua hari yang lalu saya menerima pesan dari adik saya di Depok yang mengabari bahwa ia baru saja mendapatkan beasiswa dari ikatan alumni dari tempatnya kuliah saat ini. Saya sangat bahagia mbok, mengingat bahwa kami sekeluarga baru saja melewati masa sulit. Saya membalas pesannya dan menulis bahwa ia bisa bepergian ke satu tempat yang diinginkan selama masa kuliahnya dengan menabung dari uang beasiswa itu, syukur-syukur bisa mengajak saya:).  

Pesan singkat dari adik saya malam itu mengingatkan saya pada tweet Mbok dua tahun yg lalu tentang siapa yang terakhir kali menjadi teman perjalanan saya dan kemana tujuan kami. Saya membalas tweet itudan menjawab bahwa saya bersama adik saya itu sedang bertualang di Jakarta sambil menunggu jadwal pendafatran ulangnya sebagai mahasiswa baru di kampus UI Depok keluar. Waktu twit saya dibalas dan diritwit oleh mbok, saya kegirangan. Norak ya? biarin ah. twet yang direply atau di ritwit oleh selebtwit pada masa itu adalah prestasi mbok.  

my next journey;s mate

Tapi bukan twitmu Mbok yang ingin saya bahas tapi isi cerita dan teman perjalanan saya kala itu. Perjalanan keliling Jakarta waktu itu merupakan perjalanan pertama kami berdua sekaligus perjalanan pertama bersama saudara tanpa orang tua yang pernah dilakukan dilakukan dikeluarga kami Mbok. Soalnya kami berlima bersaudara nyaris tidak pernah bepergian bersama dan lebih sering memilih untuk menghabiskan lebih banyak waktu dan perjalanan bersama teman-teman kami selama ini.

Sebenarnya perjalanan kami di Jakarta tidak heboh kok Mbok, hanya turun naik komuter line saja untuk mengetahui beberapa jalur dan tempat penting di Jakarta. Sisanya kami dengan noraknya keluar masuk supermarket lucu membeli salad yang buah dan sayurannya belum pernah kami temui sebelumnya, mengunjungi pasar, mencoba makanan-makanan baru dan sisanya membeli kebutuhan kuliahnya. Tapi ternyata perjalanan tersebut menjadi salah satu perjalanan paling menyenangkan yang pernah saya punya. Tidak menyangka bahwa adik kecil saya yang keras kepala itu bisa menjadi teman perjalanan yang menyenangkan. Mungkin karena kami hanya pergi berdua dan saat itu ia dan saya harus bekerja sama memutuskan banyak hal tentang masa depannya. Selain itu Mbok, perjalanan itu juga membuat kami lebih sering berbicara satu sama lain seperti teman dan kakak adik. Moment yang sering kami lewatkan saat berada di rumah karena masing-masing kami sibuk dengan gadget dan dunia kami masing-masing.

Setelah perjalanan sederhana itu, hampir disetiap musim maskapai pesawat melakukan promo tiket, ia selalu sibuk mengirimkan informasi harga tiket pesawat dari Pekanbaru ke Jakarta dan sibuk bertanya kapan saya akan ke Jakarta. Sesekali ia juga bertanya dan mengajak saya untuk bisa pergi liburan bareng saya kemana saja di Indonesia. Sejak saat itu, saya berniat dalam hati untuk mengusahakan minimal satu kali dalam setahun mengunjunginya ke Depok hanya untuk menikmati our time as siblings yang mungkin luput kami nikmati dulu semasa kami tinggal serumah

Dear Mbok Venus, 
Saya mungkin masih bisa menyusun jadwal untuk mengunjungi teman-teman terbaik saya atau membuatkan janji dan bersama-sama menabung untuk bisa menjelmakan impian kami untuk melakukan perjalanan ala Sex And The City atau ala Arisan 2 anytime I want. Tapi kesempatan untuk bisa menghabiskan waktu bersama saudara sendiri jauh lebih susah diwujudkan. Selain jarak Pekanbaru dan Depok yang cukup jauh, jadwal libur kampusnya dan jadwal libur kampus saya tidak pernah sama. Hanya ketika lebaranlah waktu kami bersama menjadi cukup panjang, itupun akan diselingi dengan urusan pribadi masing-masing

Orang yang akan saya ajak tentunya adik saya itu Mbok. Namanya Nahlia dan ia biasa dipanggil Ade. Tahun ini umurnya 20 tahun dan saya 32 tahun. ia mahasiswi semester 4 di FH UI. Beasiswa yang ia raih itu Mbok, merupakan pembuktiannya kepada saya dan kakak-kakaknya yang lain bahwa ia bertanggungjawab terhadap pilihan kuliahnya meskipun bukan pilihan utamanya. Saya tidak terlalu pandai mengatakan perasaan saya kepada saudara-saudara saya dan kami memang tidak terlalu biasa melakukannya. Kami 5 beradik dari keluarga minang yang tidak terbiasa mengatakan rindu, sayang dan kebanggaan kami pada satu sama lain secara langsung. saya memilih untuk mengatakan lewat tulisan di blog saya yang seringkali mereka tidak baca. maka  kesempatan untuk melakukan perjalanan dan menikmati hidup di Resort World Sentosa ini merupakan cara saya untuk mengatakan kepadanya bahwa saya bangga dengan semua kerja keras yang telah ia lakukan untuk membuat kami sekeluarga terutama saya, kakaknya bangga.

Dont worry much about apa yang akan kami nikmati disana Mbok. It will be our next precious time as siblings. Jika saya dan Ade bisa sangat girang dan norak saat menikmati perjalanan naik turun komuter line Depok- Jakarta, keluar masuk tempat-tempat yang tidak pernah kami coba selama di Jakarta, maka bisa kebayang kan Mbok, betapa noraknya kami nanti disana?. Kami pasti akan sangat sangat menikmati semua yang tersedia di Resort World Sentosa Mbok kecuali kolam renang yang cukup dalam, karena kami berdua tidak bisa berenang:)

Terima Kasih Sayembaranya Mbok..
Terima Kasih sudah boleh berbagi cerita dan mimpi


Love 
Hesty 

 


Tidak ada komentar:

Yang udah berkunjung ke sini ..